-->

Review Scarlett Serum: Untuk Kulit Wajah Lebih Cerah dan Bebas Jerawat


Produk serum dari Scarlett Whitening

Sebagai penyuka buah dan sayur, saya pernah meyakini bahwa mengonsumsi buah dan sayur setiap hari sudah cukup untuk merawat kulit. Namun seiring waktu, saya menyadari perawatan kulit tidak cukup hanya dengan konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran segar. Apalagi saya tinggal di negara tropis, yang sinar mataharinya melimpah sepanjang tahun. Terik matahari, debu, polusi, kotoran, dan stres menyebabkan kulit kusam serta jerawat. Hal ini memerlukan perawatan dari dalam dan luar dengan konsumsi makanan sehat sebagai perawatan dari dalam dan penggunaan face care sebagai perawatan dari luar.

Jujur saja, dulu saya termasuk orang yang tidak terlalu peduli para perawatan kulit wajah. Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai berubah dan menyadari pentingnya merawat kulit. Dari yang awalnya hanya menggunakan facial foam, kini saya juga menggunakan exfoliator 2 kali seminggu, micellar water, toner, essence, dan saya mulai melengkapi perawatan wajah dengan serum. 

Baru-baru ini saya berkenalan dengan serum wajah dari Scarlett. Awalnya saya menggunakan body care dari Scarlett, dan ternyata brand ini juga mengeluarkan produk face care berupa serum wajah. Saya pun tertarik untuk mencobanya. Produk ini bisa diorder melalui marketplace.

Paket serum dari Scarlett datang dalam kotak yang terbungkus rapi. Di dalamnya, dua botol serum dilapisi bubble wrap agar lebih aman. Terselip selembar ucapan manis untuk sahabat Scarlett yang membeli produk ini di official store-nya.


Ada 2 varian serum dari Scarlett, yaitu acne serum untuk mengatasi jerawat dan brightly ever after serum untuk mencerahkan kulit.

Kemasan
Baik acne serum maupun brightly ever after serum, keduanya memiliki bentuk kemasan yang sama. Bedanya, acne serum berwarna ungu, sedangkan brightly ever after serum berwarna pink. Serum dikemas dalam botol kecil nan imut, lengkap dengan dropper/pipet yang juga berfungsi sebagai tutup.
 
Andai tidak sedang pandemi, serum ini pasti sudah saya bawa traveling. Kemasannya mungil berbahan kaca, praktis dan tidak makan tempat di dalam pouch makeup skincare. Botol mungil ini berisi 15ml serum yang sudah terdaftar di BOPM, jadi tidak perlu khawatir dengan kandungannya. Nomor BPOM-nya juga tercantum pada kemasannya, lengkap dengan barcode yang bisa kita scan dan mengarahkan kita website-nya BPOM. Keren, kan? Kita tidak perlu mengetik nomornya secara manual. 
Selain itu, pada kemasan juga terdapat informasi seperti cara pemakaian, ingredients, tanggal kedaluwarsa di bawah kemasan, serta cara penyimpanan. Dan, yang tak kalah penting adalah adanya stiker hologram pada kemasan yang menunjukkan keaslian produk. Ingat, selalu beli produk asli, ya! Pastikan ada stiker hologram pada kemasan produk Scarlett yang kita beli.

Acne Serum
Tipe kulit saya normal dan jarang berjerawat. Tapi di waktu-waktu tertentu, jerawat kadang muncul. Misalnya, saat PMS, stres, atau kebanyakan konsumsi gluten, hehehe....

Beberapa waktu lalu, muncul satu jerawat di sela-sela alis. Tidak terlalu besar, sehingga tidak terlihat, tapi rasanya sedikit perih. Jerawat itu pun masih dalam “proses”, belum memerah dan pecah. Sebelum semakin parah dan meradang, saya berinisiatif mengaplikasikan acne serum setiap malam. Dua hari kemudian, jerawat mulai kering dan berangsur-angsur sembuh tanpa bekas. Pemakaian acne serum ini saya hentikan ketika jerawat sudah sembuh.  

Acne serum dari Scarlett Whitening

Saat membaca detail ingredients pada kemasannya, ternyata acne serum dari Scarlett ini mengandung Jeju Centella Asiatica yang fungsinya mengurangi peradangan, mencegah kerusakan kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan menjaga kelembaban kulit. 

Kandungan lainnya adalah Tea Tree Water yang berfungsi melawan bakteri  penyebab jerawat, vitamin C untuk membantu menghilangkan fleks serta bekas jerawat, serta Salicylic Acid untuk meredakan peradangan saat jerawat muncul dan mengangkat kotoran penyumbat pori-pori agar tidak menjadi komedo. Satu lagi yang tidak kalah penting, acne serum ini mengandung Liquorice Extract yang kaya akan vitamin dan mineral guna menutrisi kulit, mencegah hiperpigmentasi, melindungi kulit dari sinar matahari, dan menyerap minyak berlebih pada wajah.


Lengkap banget, kan, kandungannya? Nah, acne serum ini buat kalian yang memiliki kulit berjerawat atau acne prone skin.

Brightly Ever After Serum
Brightly Ever After Serum dari Scarlett ini merupakan serum favorit saya dan termasuk dalam rangkaian skincare harian. Saya menggunakannya setiap pagi (dilengkapi dengan sunscreen setelahnya) dan malam. Teksturnya seperti serum pada umumnya, cukup kental namun mudah meresap, tidak terasa lengket, dan ringan di kulit. Juga tidak ada bau yang berlebihan dan mengganggu.

Brightly ever after serum dari Scarlett Whitening

Saat foto “after” ini diambil, saya memang baru seminggu memakai Brightly Ever After Serum tapi hasilnya sudah mulai sedikit terlihat. Fleks di wajah terlihat lebih samar dan wajah lebih cerah.  

No filter, no edit, no makeup (hanya lipstisk dan eyeliner tipis)

Tidak heran, karena sesuai yang tertulis pada kemasan bagian depan, serum ini mengandung Phyto Whitening, Glutathione, dan Vitamin C.

Lantas, apa fungsinya?

Phyto Whitening berfungsi mencerahkan wajah dalam waktu relatif singkat dan sangat aman bagi kulit, tanpa menyebabkan iritasi. Sedangkan Glutathione mampu meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas, membuat kulit lebih sehat dan terlihat glowing.  Kalau vitamin C, fungsinya untuk membantu menghilangkan flek dan bekas jerawat, serta mencegah dan melindungi kerusakan sel.

Selain tiga kandungan yang diunggulkan tersebut, serum ini juga memiliki kandungan lain yang tidak kalah penting, yaitu Lavender Water dan Niacinamide. Lavender Water berfungsi melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi peradangan pada kulit, detoksifikasi kulit meningkatkan sirkulasi darah dan menghaluskan kulit. Sedangkan Niacinamide dapat melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam, dan mencegah kanker kulit melanoma.

Setelah seminggu pemakaian, sampai sekarang saya masih tetap melanjutkan pemakaian brightly ever after serum dari Scarlett ini. Tipe kulit normal saya cocok memakai serum yang memang diperuntukkan bagi semua jenis kulit ini. Tapi ingat, ya, pakailah serum sesuai kebutuhan kulitmu, jangan dicampur-campur. Jika sedang berjerawat, pakailah acne serum. Jika tidak, pakailah brightly ever after serum. Tidak disarankan untuk dipakai bersamaan, apalagi jika wajah kamu sedang mengalami breakout.

Jadi gimana? Tertarik mencoba serum dari Scarlett atau justru kamu sudah pernah mencobanya?

Info pembelian:
Kedua serum dari Scarlett ini bisa kamu beli melalui Shopee dengan harga masing-masing Rp75.000.     
  

Ayun
Menulis buku Unforgettable India dan mengedit banyak buku lainnya.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter