4 Tips Liburan Murah di Surabaya


Tugu Sura dan Baya (sumber: regional.liputan6.com)
Kota Pahlawan ini masih menjadi primadona bagi wisatawan, terutama menjelang momen liburan. Apalagi, di tangan Walikota Tri Rismaharini, Surabaya sudah mengalami beberapa kemajuan. Saat ini, semakin banyak ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan oleh warga Surabaya, baik untuk melakukan aktivitas hiburan maupun olahraga.

Kota Surabaya termasuk jajaran 5 kota besar di Indonesia. Apalagi, Kota Surabaya memiliki bandara dan pelabuhan tersibuk di Provinsi Jawa Timur. Hampir semua kapal yang akan menuju Indonesia bagian timur selalu transit di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Kota yang memiliki beberapa universitas terbaik di Indonesia ini juga menjadi pilihan bagi pelajar atau mahasiswa untuk menuntut ilmu. Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya memiliki fasilitas yang modern, menjadikannya kota metropolis.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin liburan? Berikut tips liburan murah di Surabaya yang dihimpun dari berbagai sumber:

1 . Pilih Transportasi yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Surabaya memiliki bandara kebanggaan, yaitu Bandara Juanda yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Pesanlah tiket di online travel agent yang memberikan promo tiket pesawat Garuda Jakarta-Surabaya dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika kamu berencana melewatkan liburan di Surabaya, sebaiknya kamu memesan tiket pesawat paling tidak, 2 minggu sebelum keberangkatan. Sebagai antisipasi, jika kamu kehabisan tiket pesawat, kamu bisa menggunakan kereta api atau bus umum dari Jakarta. Namun, tentu saja pilihan transportasi darat akan memakan waktu lebih lama dibanding pesawat terbang yang hanya menempuh durasi sekitar satu setengah jam.

Apabila kamu memang tidak terlalu terburu-buru, salah satu transportasi yang paling tepat untuk kamu pilih adalah kereta api. Perjalanan dengan kereta api bisa ditempuh dalam durasi 12 jam. Rencananya, pemerintah akan membangun jalur kereta api cepat sehingga jarak 730 km dari Jakarta ke Surabaya bisa ditempuh dengan waktu lebih cepat, yaitu 5 jam saja. Tentu saja kamu harus menunggu rencana tersebut terwujud.

2. Pilih Penginapan sesuai Bujet

Untuk urusan akomodasi, jangan pernah memaksakan diri dengan rencana yang sudah dibuat kecuali memang darurat. Pastikan cari informasi terlebih dahulu sebelum melakukan booking hotel murah di Surabaya.

Untuk mendapatkan informasi yang tepat kamu bisa membuka online travel agent favorit kamu. Kamu bisa mencari yang terbaik atau berdasarkan lokasi yang paling dekat dengan tempat wisata yang kamu ingin tuju.
Jembatan Suramadu yang iconic (sumber: http://nettik.net)
Meskipun dikenal sebagai kota metropolitan, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan hotel murah di Surabaya. Ada banyak pilihan hotel murah di Surabaya dengan harga mulai dari Rp100.000. Yang, jelas sesuaikan budget dan juga kebutuhanmu agar kamu tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya untuk akomodasi.

Berbeda halnya jika kamu memang ingin menghabiskan waktu seharian di hotel. Kamu bisa mencari hotel pilihan terbaik yang memiliki banyak fasilitas mulai dari kolam renang tempat fitness sampai dengan koneksi internet yang cepat. Tidak berbeda dengan list hotel di Jakarta di www.reservasi.com, kamu juga bisa mencari hotel dengan rekomendasi hotel terbaik di di situs yang sama di Surabaya yang bisa disesuaikan dengan bujet dan kebutuhanmu selama liburan tahun baru di Surabaya.

3. Solo Traveling atau Open Trip?

Buat yang baru pertama kali berwisata ke Surabaya, tidak ada salahnya untuk mengikuti open trip. Ada beberapa layanan open trip, misalnya ke Gunung Bromo yang tidak jauh dari Surabaya. Untuk mengenal Kota Surabaya dengan lebih dekat lagi tanpa harus nyasar sana-sini, kamu bisa mengikuti beberapa trip dengan tujuan yang berbeda-beda. Informasi open trip ke Surabaya bisa kamu dapatkan dari beberapa grup komunitas di Facebook atau sosial media lainnya.

Untuk kamu yang memang ingin menantang diri sendiri mencoba beradaptasi dengan lingkungan baru, kamu bisa melakukan Solo traveling ke Surabaya. Yang paling penting kamu harus memiliki rencana perjalanan selama berada di Surabaya mulai dari hari pertama hingga hari terakhir. Jika ingin melakukan solo traveling ke Surabaya kamu perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya mulai dari transportasi yang akan kamu gunakan hingga tempat-tempat untuk beristirahat.

Tidak berbeda jauh dengan Bandung dan Yogyakarta, akan lebih baik jika kamu melakukan Solo traveling dengan menggunakan motor. Harga sewa motor di Surabaya relatif terjangkau tidak berbeda jauh dengan kota-kota lainnya, harganya antara Rp100.000 sd Rp150.000 tergantung tipe motor yang akan kamu sewa.

4. Aneka Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

Untuk kuliner kamu tak perlu ragu dan khawatir. Ada banyak pilihan wisata kuliner di Surabaya. Selain itu juga ada beberapa kuliner dari beberapa kota di sekitar Surabaya, seperti Gresik, Lamongan, dan Malang. 

Lontong balap Pak Gendut (dok. pri)
Jika ingin mencari makanan khas Surabaya kamu bisa mencarinya di depot-depot atau dapur kuliner Surabaya yang menjajakan makanan khas Surabaya. Beberapa rekomendasi kuliner Surabaya yang wajib kamu coba seperti nasi goreng jancuk, nasi krawu, nasi rawon Setan sampai dengan kuliner yang sudah cukup familiar di ibu kota seperti lontong balap, soto Lamongan, tahu tektek, tahu campur, dan nasi pecel.
Nasi goreng jancuk (sumber: kabarsurabaya.org)
Nah, itulah tips wisata liburan murah tahun baru ke Surabaya. Pilih pesawat yang berbeda untuk pulang pergi agar bisa mendapatkan tiket pesawat murah. Kadang-kadang kamu bisa mendapatkan promo tiket pesawat Garuda yang transit dengan harga lebih murah untuk tujuan Jakarta.

Tags:

Share:

1 komentar

  1. aku selalu penasaran dengan Surabaya, kmrn cuma mampir lewat dari Sidoarjo, hahahaha

    ReplyDelete

meninggalkan komentar lebih baik daripada meninggalkan pacar. hehehe...