Daya Tarik Wisata India yang Kental Dengan Budaya

India merupakan salah satu negara yang terkenal dengan budayanya yang begitu kental, walaupun zaman sudah modern seperti sekarang. Hal ini membuat sektor pariwisata di India tak hanya terbatas pada tempat-tempat wisata saja, tapi juga berasal dari upacara-upacara adat yang rutin dilakukan oleh masyarakat India untuk memperingati hari-hari tertentu dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, jika kamu ingin melihat upacara khusus tersebut, kamu tak perlu pusing lagi karena Malindo Air menyediakan penerbangan hampir setiap hari menuju India, sehingga membuat kamu tak terlewat oleh momen upacara adat yang mungkin saja hanya terjadi satu tahun sekali.

Daya tarik unik yang tak ada duanya di negara manapun membuat sektor pariwisata India mampu menarik hingga 5,5 juta wisatawan per tahun. Selain itu, sektor wisata juga memberikan kontribusi hingga 6,23% kepada PDB Nasional serta menyumbang sebesar 8,78% dari jumlah keseluruhan lapangan kerja yang tersedia di India. Mengingat India merupakan negara dengan penduduk lebih dari satu miliar, maka hal ini benar-benar luar biasa.

Bagi kamu yang suka menonton film-film Bollywood, maka dijamin, kamu pasti akan jatuh cinta dengan pariwisata India. Berbagai macam bangunan terkenal di India mempunyai desain arsitektur yang membuatmu bagaikan masuk ke dunia film yang selalu kamu tonton. Ditambah dengan adanya upacara adat di tempat-tempat tertentu maka membuat atmosfer negeri dongengnya semakin kental saja.

Berikut penulis berikan beberapa contoh upacara atau festival yang tak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke India:

Festival Cahaya - Diwali  
sumber:wikipedia.org
Ini merupakan salah satu festival terbesar yang ada di India, di mana diselenggarakan selama lima hari berturut-turut. Saat upacara Diwali ini dilakukan, masyarakat India akan menyalakan banyak lilin di rumah mereka masing-masing, Festival ini ditutup dengan menyalakan petasan, sehingga membuat hari penutupnya benar-benar meriah.



Festival Warna – Holi
sumber:medium.com

Saat upacara ini, banyak orang akan berkumpul di tengah kota dan melemparkan berbagai macam taburan warna ke udara. Saat Festival Holi, jalanan di india akan begitu cerah, berwarna dan semua orang bersuka cita. Saat malam hari, festival warna ini akan dilanjutkan dengan proses api unggun Holika.


Persembahan Untuk Sang Raja – Onam
sumber:business-standard.com

Upacara yang satu ini biasanya berlangsung hingga 10 hari dan diselenggarakan sebagai suatu bentuk penghormatan kepada Mahabali—sang raja iblis dari literatur kuno. Masyarakat India akan menyiapkan berbagai macam hidangan tradisional, lalu bernyanyi dan menari selama 10 hari berturut-turut.



Festival Emas – Bhandara

sumber:dodho.com
Upacara ini hampir mirip dengan Festival Holi, tapi hanya satu serbuk warna saja yang dilemparkan ke udara, yaitu warna emas. Serbuk ini sendiri terbuat dari bubuk kunyit. Festival emas diselenggarakan setahun sekali di Kuil Khandoba yang terletak di Maharasthra.


Krishna Janmashtami
sumber:tripsavvy.com

Upacara yang satu ini khusus untuk memperingati kelahiran Dewa Khrisna. Saat perayaan ini, masyarakat India akan mengisi pot tanah liat dengan yoghurt. Lalu, sekelompok pemuda akan mencoba memecahkan pot tersebut dengan cara membuat piramida manusia, karena pot berisi yoghurt tersebut digantung cukup tinggi. Sangat menarik untuk menyaksikannya karena dibutuhkan kreativitas dan semangat untuk membuat piramida manusia, bisa dibilang mirip dengan panjat pinang tapi tanpa ada pinangnya ya!

Lima contoh festival di atas adalah sekelumit dari tradisi upacara adat yang ada di India. Masih ada banyak sekali upacara-upacara yang sangat unik bagi para wisatawan mancanegara. Tapi, festival-festival di atas karena mempunyai skala yang besar jadi biasanya sudah ditentukan dulu jatuh pada hari apa setahun sebelumnya. Walaupun begitu, jika kamu tiba-tiba ingin pergi mendadak untuk melihat salah satu atau beberapa festival di atas maka disarankan untuk menggunakan Malindo Air. Karena biasanya, maskapai ini menawarkan promo khusus saat mendekati hari festival di India, jadi liburanmu semakin menarik.
 


Share:

0 komentar

meninggalkan komentar lebih baik daripada meninggalkan pacar. hehehe...