Mengenal Wisata Alam di Semarang



Yes, jumpa lagi dengan Kota Semarang. Namun, kali ini yang akan diulik bukan tentang kuliner, oleh-oleh khas Semarang, bangunan-bangunan bersejarah  di Kota Semarang yang sudah terkenal hingga mancanegara, ataupun hotel dan penginapan di Kota Semarang yang semakin berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, seperti Dafam Hotel Semarang.


 
Sumber gambar: dafamhotels.com

Tetapi, kali ini yang akan diulik adalah Kota Semarang dari sisi wisata alamnya, karena selain dikelilingi oleh pegunungan dan sungai, Kota Semarang merupakan daerah pesisir. Sejarah pun mencatat perjalanan seorang Laksaman TionghoaCheng Hooyang mendaratkan kapalnya di pantai utara Semarang.

Wah, sepertinya menarik sekali, sebab wisata alam di Semarang  tidak begitu populer. Coba, berapa banyak kamu tahu wisata alam yang ada di Semarang? Pasti kamu akan lebih cepat menjawab apa saja wisata kuliner di sana ketimbang wisata alamnya. Kamu juga akan lebih hafal gedung-gedung bersejarah di Semarang daripada nama-nama pantai di sana, kan? Padahal, wisata alam di Semarang cukup banyak dan perlu dikunjungi agar dikenal lagi.

Berikut ini beberapa wisata alam yang terdapat di Semarang:

Pantai Tirang
Ini adalah pantai yang berada dekat Bandara Ahmad Yani Semarang. Suasana pantai sepi, tidak banyak pedagang maupun fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Padahal, Pantai Tirang memiliki panorama yang khas, yaitu deretan tambak dari petani budidaya ikan dan rumput laut. Jika sedang beruntung saat berkunjung ke sana, kamu bisa melihat kegiatan para petani tambak ini.



Sumber gambar: retsu69.blogspot.co.id

Mungkin lebih tepatnya Pantai Tirang cocok buat kamu yang menyukai ketenangan alam karena tempatnya cukup sepi pengunjung. Di sini, kamu bisa menikmati panorama pantai, deburan ombak, dan sunset dengan damai. Secara keseluruhan, keindahan Pantai Tirang memang membutuhkan perhatian pemerintah setempat agar kelak  menjadi tujuan para wisatawan.

Pantai Marina
Pantai Marina berada tidak jauh dari Pantai Tirang, sekitar 5 km jaraknya. Tetapi, Pantai Marina lebih ramai karena terdapat beberapa fasilitas wisata yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Tersedia gazebo, kursi-kursi untuk duduk menikmati panorama pantai, dan  penyewaan ban jika kamu ingin berenang di laut. Selain itu, terdapat kapal-kapal mungil yang disediakan untuk wisatawan yang ingin merasakan sensasi melaut di sekitar Pantai Marina.

Saat menaiki kapal-kapal mungil tersebut, kamu tidak hanya disuguhi panorama laut, tetapi juga pemandangan hutan bakau yang rimbun dan Pelabuhan Tanjung Mas yang terkenal di Kota Semarang—tahu lagunya Didi Kempot yang judulnya Tanjung Mas ninggal Janji?

Bila hari menjelang sore, sunset di Pantai Marina lumayan indah untuk mengobati rasa kangen melihat sunset di pantai.

Tubing Kali Kreo

Sumber gambar: tabloidsimpang5.com

Wisata yang berada di sekitar Desa Kandri dekat Waduk Jatibarang ini akan memacu adrenalinmu. Sebab, kamu dibawa  mengarungi Kali Kreo sepanjang 3 kilometer menggunakan media bas bekas. Selain itu, kamu juga akan menikmati keindahan alam di sepanjang Kali Kreo yang penuh sejarah. Melalui Kali Kreo ini, Sunan Kalijaga membawa dua kayu jati untuk pembangunan Masjid Demak. Karena kisah ini pula, Tubing Kali Kreo dinamankan wisata nginthir Kalijaga. Semarang memang kota yang sarat akan jejak sejarah.

Air Terjun Kali Pancur
Ada pegunungan, pasti akan ada air terjun yang indah. Air terjun Kali Pancur terletak di Desa Nogo Saren. Sepanjang perjalanan menuju wisata tersebut, kamu akan disuguhi keindahan lereng pegunungan Telomoyo dan Merbabu, sehingga kamu tidak akan bosan. Begitu sampai tujuan, terdapat warung untuk beristirahat. Kamu bisa memesan minum atau makanan kecil sebagai penghangat perut sebelum menanjak menuju lokasi.

Tiba di Air Terjun Pancur, terlihat air terjun setinggi 100 meter yang dilatari dengan pemandangan goa-goa penuh burung walet dan bebatuan alam. Indah sekali. Cuaca di sekitar pun sangat sejuk sebagaimana cuaca di pegunungan. Sejenak, kamu akan lupa suasana hiruk-pikuk dan polusi di kota.

Kebun Teh Medini
Kebun Teh Medini terletak di Gunung Ungaran, kawasan Semarang yang sejuk sekali. Kamu bisa menikmati wisata perkebunan teh yang sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Di sini, selain melihat pemandangan indah kebun teh yang menghijau, kamu bisa melihat langsung proses/cara pembuatan teh, sekaligus mencicipi teh hangat yang wangi. So, sekarang sudah bertambah pilihan lain kan, jika berwisata ke Semarang? Tidak hanya kuliner, gedung sejarah, dan oleh-olehnya yang sangat populer itu, tetapi juga objek wisata alamnya yang menarik.



Share:

2 comments

  1. ini tulisan maksudnya kode apa gimana? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kali aja ada yang berbaik hati ngajakin ke Semarang (lagi). :D

      Delete