-->

Mau Jalan-Jalan? Cek Dulu 8 Bagian Motor Ini!

sumber gambar: freepik.com

Sore itu, aku dan seorang teman kantor, sebut saja Mbak Desy, sedang dalam perjalanan menuju Semanu, Gunungkidul. Kami berangkat setelah jam kantor dan berencana menginap semalam di rumah teman kami di Semanu.

Awalnya, perjalanan lancar tanpa kendala sampai kami tiba di gerbang hutan Wanagama saat hari hampir gelap. Tepat sebelum tanjakan yang membelah hutan, tiba-tiba motor berhenti. Kupikir Mbak Desy memang menghentikannya.

“Ada apa, Mbak?” tanyaku.
“Waduh, nggak tau, nih. Kok tiba-tiba mati,” jawab Mbak Desy kebingungan.

Mbak Desy menepikan motornya. Lalu tiba-tiba, motor berasap dengan bau gosong. Kami panik, apalagi hari makin gelap. Gimana kalau motornya terbakar?

Kami berdiri di pinggir jalan sambil kebingungan mau minta tolong kepada siapa. Sebenarnya, tak jauh dari situ terlihat ada bengkel, tetapi tutup. Saat itu kami benar-benar clueless.

Pertolongan itu datang dari seorang bapak yang akan shalat jamaah di masjid. Dia menghampiri kami dan bertanya ada apa. Bahkan dia menelepon pemilik bengkel yang tutup tersebut dan bertanya apakah bisa membantu kami. Sayangnya, si pemilik bengkel masih di rumah sakit. Akhirnya, si bapak mengantar kami ke sebuah bengkel kecil tambal ban yang berjarak sekitar 100an meter. Dia menuntun motor menuju bengkel.

Setelah dicek, ternyata streng motor matic milik Mbak Desy terbakar. Streng tersebut sudah aus dan harus diganti. Si tukang bengkel tidak punya spare part karena hanya bengkel tambal ban. Namun, ia bersedia membelikan dan memasangkan. Setidaknya, kami pun lega meski harus menunggu cukup lama untuk melanjutkan perjalanan. 

Pengalaman tersebut menjadi pelajaran bagi kami untuk rutin melakukan service untuk mengecek kondisi kendaraan, terutama saat akan melakukan perjalanan jauh, misalnya dengan mengganti oli motor matic. Berikut ini 8 bagian yang wajib dicek saat service motor.

1. Oli Mesin
Oli mesin pada sepeda motor memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dan meningkatkan umur pakai sepeda motor. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antara berbagai komponen mesin yang bergerak. Oli mesin juga membantu dalam proses pendinginan mesin. Selain itu, oli mesin juga dapat membersihkan partikel-partikel kecil, kerak, dan kotoran yang terbentuk selama proses pembakaran. Umumnya, oli mesin itu harus diganti setiap jarak tempuh 2.000 – 2.500 km.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar, sih, kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan
Sepeda motor menggunakan sistem gardan untuk mentransfer daya dari mesin ke roda belakang. Sistem ini melibatkan berbagai komponen seperti gigi, poros, dan bearing. Oli gardan melumasi komponen-komponen ini, mengurangi gesekan dan panas yang dihasilkan oleh gerakan mereka.

3. Busi
Busi adalah perangkat kecil yang berada di bagian kepala silinder mesin, tepat di atas ruang bakar. Fungsinya adalah menghasilkan loncatan api listrik (spark) yang diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar mesin, sehingga mesin dapat berfungsi dengan baik.

Busi yang aus atau rusak dapat menyebabkan mesin bekerja tidak efisien, meningkatkan konsumsi bahan bakar, dan merusak komponen mesin lainnya. Oleh karena itu, pemeliharaan yang baik terhadap sistem busi sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur pakai mesin kendaraan.

4. Kampas Rem
Penting untuk memeriksa kondisi kampas rem secara teratur. Jika kampas rem aus atau rusak, efisiensi sistem rem akan menurun, yang dapat menyebabkan pengereman yang tidak efektif dan meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, penggantian kampas rem yang aus atau rusak harus dilakukan sesuai dengan jadwal pemeliharaan yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan.

5. Filter Udara
Kebersihan filter udara sangat penting untuk menjaga kinerja mesin. Jika filter udara terlalu kotor atau tersumbat oleh debu dan kotoran, aliran udara ke dalam mesin akan terbatas. Hal ini dapat mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna, menurunkan daya mesin, meningkatkan konsumsi bahan bakar, dan meningkatkan emisi gas buang.

6. Aki atau Accu
Saat mesin dalam kondisi mati, tegangan pada aki idealnya adalah 12,3-12,6 Volt. Sementara apalabila mesin menyala, tegangan ideal aki berada pada angka 13,7 - 14,2 Volt. Jika tegangan aki tidak sesuai dengan kisaran tersebut, segera lakukan pemeriksaan oleh mekanik secara mendetail. Pemeliharaan rutin dan penggantian aki sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen sangat penting untuk menjaga kinerja sepeda motor

7. Ban
Kondisi ban juga termasuk hal yang sangat penting untuk dicek sebelum melakukan perjalanan. Bahkan, ban termasuk komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui kondisi ban secara keseluruhan. Jadi, jangan menunggu bocor dulu untuk memeriksa kondisi ban.

8. Tune up
Service motor tune up dilakukan dengan memeriksa semua komponen untuk mengetahui performa sepeda motor. Tune up yang rutin akan membantu menjaga kinerja sepeda motor, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan memperpanjang umur pakai mesin dan komponen kendaraan lainnya.

Tune up tidak hanya dengan memeriksa semua komponen motor. Terkadang, service ini juga dibarengi dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun jangan khawatir, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik
Untuk mendapatkan pelayan terbaik saat service motor, kamu juga harus memilih bengkel terbaik. Planet Ban hadir untuk memberikan service terbaik agar motor terasa seperti baru. Layanan ini disebut “servis motor rasa baru” atau sistem servis terpadu.

Servis ini fokus pada pemeriksaan dan perbaikan komponen penting yang letaknya tersembunyi dan jarang dicek. Karena itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya bawa motor ke Planet Ban untuk dilakukan “servis motor rasa baru”.

Manfaat Melakukan Servis Motor di Planet Ban
  • Servis di Planet Ban menggunakan oli berteknologi tinggi yang mampu meningkatkan performa motor. Mesin motor juga terlindungi sehingga mesin jadi lebih awet.
  • Menggunakan sparepart asli sehingga pemakaian menjadi lebih nyaman dan tahan lama.
  • Biaya ganti jadi oli lebih hemat karena kamu cukup mengganti oli setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja atau sekitar 4-6 bulan sekali.
  • Kamu juga turut serta menjaga lingkungan dan mengurangi polusi karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Apa, sih, Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain? 
Munkin kamu pernah kecewa atau kesal setelah servis motor di tempat lain karena masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan, tak jarang kotoran dan debu masih tersisa di blok CVT, padahal ini akan membuat motor terasa berat.

Hal tersebut tidak akan kamu alami jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban. Pasalnya, seluruh bagian mesin benar-benar dibersihkan hingga tampak seperti baru. Semua bagian akan dicek, termasuk kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, agar tidak ada lagi sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran. Dengan demikian, mesin akan terlihat seperti baru.

Sevice motor di Planet memang memberikan pengalaman yang berbeda. Kamu akan merasa memiliki mesin motor baru sehingga tarikannya lebih enteng dan lebih hemat BBM. Kamu juga turut berkontribusi dalam mengurangi polusi karena emisi turun hingga lebih dari 70%. 

Dengan pelayanan selengkap itu, berapa, sih, harga service motor di Planet Ban? Jangan khawatir dompetmu akan terkuras karena harganya sangat affordable. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- sedangkan service CVT sekaligus rantai hanya Rp19.500,- sementara service throttle body juga cuma Rp20.000,- Terjangkau banget, kan?

Sekarang, kamu tak perlu ragu menservis motor di Planet Ban. Karena selain lengkap, harganya juga terjangkau. Jadi, kapan terakhir kamu melakukan servis motor? Jangan lupa, lakukan servis secara rutin, terutama sebelum melakukan perjalanan jauh.

Ayun
Menulis buku Unforgettable India dan mengedit banyak buku lainnya.

Related Posts

6 comments

  1. yaampun inget servis habis setengah jutaaak. tp gpp karena cek kelengkapan motor emang penting bgt. apalagi buat cewek yg blas ngga tau mesin. rutin servis dan ganti oli juga. soalnya yg diperhatiin ngga cuma bensin 🤣🤣🤣🙏🏻

    ReplyDelete
  2. Salah satu yang gak bisa diukur atau diprediksi adalah ban bocor gak peduli dia make ban baru atau ban lama, kalau bocor ya bocor aja 😛😛, bisa sih diminimalisir pakai ban tubeless setidaknya bisa kamu ‘gladag’ sampai nemu tambal ban tanpa khawatir ban rusak parah.

    bisa dikonsultasikan tuh ban merek apa atau jenisnya apa sama mas mas bengkel ban sperti planet ban dll.

    ReplyDelete
  3. Langganan suamiku nih setiap servis motor di Planet Ban, pelayanannya memuaskan.

    ReplyDelete
  4. Emang paling bener sebelum pergi-pergi cek kondisi motor ke bengkel. Untungnya sih, planet ban tu banyak cabangnya, ya. Jadi, kalau belum sempat servis/ganti oli, bisa mampir pas perjalanan. Paling ku suka dari planet ban itu, ngasih tambah angin ban gratissss. Solusi saat ban kempis. Wkwkwk

    ReplyDelete
  5. TOS deh mba, ini juga bengkel andalan keluarga besar ku, pokoknya sudah dipercaya utk urusan servis motor deh.

    ReplyDelete
  6. Ak pernah servis di planet ban. Awalnya ganti oli aja eh ada promo jd sekalian.. servisnya teliti

    ReplyDelete

Post a Comment

meninggalkan komentar lebih baik daripada meninggalkan pacar. hehehe...

Subscribe Our Newsletter