Belanja di Qlapa.com, Wujud Cinta pada Produk Lokal Indonesia


sumber: screenshot aplikasi qlapa.com
 “Aku ingin oleh-oleh yang dibuat, bukan dibeli,” kata Kugi dalam film Perahu Kertas saat Keenan menanyakan oleh-oleh apa yang diinginkan Kugi dari Bali.

Sayangnya, saya bukan seniman seperti Keenan, bukan juga crafter yang terampil membuat suvenir atau kerajinan tangan lain yang menarik dan layak-layak dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Maka, ketika tahun lalu saya sempat tinggal beberapa bulan di India, saya memilih produk-produk handmade untuk saya jadikan oleh-oleh. Meski oleh-oleh tersebut tidak saya buat sendiri—seperti Keenan kepada Kugi, setidaknya dengan memilih produk handmade, ada tangan orang lain yang membuatnya dengan penuh kesabaran dan ketelatenan.
 
Namanya Shilpharamam, sebuah pusat penjualan kerajinan khas India di Hyderabad. Kain sari, baju-baju India, aksesori, dompet, tas, sandal, pasmina Kashmir, kerajinan berbahan keramik, tembikar, dan masih banyak lagi, semua dijual di sini. Di sini pula saya bisa melihat perajin sari yang sedang menenun secara manual menggunakan alat tenun tradisional, bukan mesin. Dengan penuh kesabaran, wanita itu menenun benang hingga menjadi selembar sari yang cantik.

Di Hyderabad, tempat saya tinggal selama di India, banyak toko dan pasar yang menjual berbagai suvenir khas India. Namun, Shilpharamam menjadi beda karena menjadi pusat penjualan kerajinan handmade. Sayangnya, lokasi Shilpharamam agak jauh dari tempat tinggal saya. Perlu naik kereta lokal lalu menyambung dengan autorikshaw, yang kurang lebih waktu tempuhnya sekitar 1 jam. Andai Shilpharamam bisa hadir dalam bentuk digital, pasti saya akan dimudahkan untuk belanja oleh-oleh. Tak perlu berpanas-panasan dan berdesekan di dalam kereta.

Sepulang dari India, tak sengaja saya menemukan qlapa.com saat akan menukarkan poin di salah satu aplikasi ojek online. Saya pun penasaran karena namanya unik. Jujur, ini pertama kali saya berkenalan dengan qlapa.com. Iseng, saya klik qlapa.com. Saya berselancar di web tersebut, melihat-lihat berbagai produk yang dijual. Tak butuh waktu lama bagi saya untuk sampai pada kesimpulan bahwa qlapa.com adalah lokapasar atau market-place yang mampu memberi saya kemudahan untuk menemukan produk handmade yang unik di Indonesia. Tak perlu blusukan atau panas-panasan di pasar atau antre di toko, kita tetap bisa memilih produk-produk handmade sambil bersantai di kamar yang ber-AC. Tanpa ragu, saya pun membuka playstore dan mencari aplikasi qlapa.com untuk saya instal di smartphone.

Salah satu tampilan kategori di aplikasi qlapa.com
Sebagai pekerja kantoran full time mulai Senin-Jum’at jam 07.30–16.30, saya hanya punya waktu yang benar-benar senggang di hari Sabtu-Minggu, itu pun kalau tidak ada acara lain. Hal ini kadang membuat saya harus benar-benar menyempatkan waktu jika ingin memilih barang untuk dibeli, apalagi jika barang tersebut handmade yang tidak banyak dijual di toko-toko kebanyakan. Dengan menginstal qlapa.com, saya sangat dimudahkan karena selain hemat waktu, saya juga menghemat tenaga. Tinggal klik kategori yang diinginkan, scroll untuk mencari barang, masukkan ke keranjang, pilih jumlah barang, lanjutkan untuk membayar, dan hanya dalam hitungan hari, barang yang dibeli akan sampai di kantor. Tak perlu menunggu weekend untuk belanja. Pembayarannya juga gampang, bisa dilakukan melalui bank transfer, kartu kredit, atau Indomaret.

Mudahnya belanja di qlapa.com
Hal mengesankan yang baru saya alami pertama kali dalam berbelanja online adalah dihubungi customer sevice qlapa.com via sms yang menanyakan apakah ada kendala dalam memesan produk di qlapa.com. Sehari sebelumnya, saya memang memesan sebuah totebag. Namun, saat hendak membayar melalui mobile banking, aplikasi mobile banking di ponsel saya mengalami gangguan setelah sebelumnya saya update. Saya tidak bisa log in. Alhasil, pesanan belum terbayar hingga melewati batas waktu. Tak disangka, customer service mengirim sms dan menawarkan bantuan jika ada kendala.

Saya pun melakukan reorder tapi saya temukan produk lain. Jujur, saya bingung pilih produk yang mana karena produk-produk di qlapa.com sangat menarik dan unik. Akhirnya, pilihan saya jatuh pada sling bag urban factor.

Lantas, apa saja yang bisa kita temukan di qlapa.com?

Awalnya, saya kira bahwa qlapa.com hanya menyediakan produk-produk kerajinan seperti suvenir, aksesori, dan pakaian. Ternyata saya salah. Qlapa.com lebih dari yang saya bayangkan. Saya terlonjak gembira ketika menemukan penjual rendang telur kesukaan saya di qlapa.com. Ya, benar, ternyata qlapa.com juga memiliki kategori kuliner, mulai berbagai jenis lauk pauk, cemilan, hingga minuman. Bahkan, aneka sambal dan bumbu dasar berbagai masakan juga ada. Untuk lebih lengkapnya, barang-barang di qlapa.com bisa kita cari berdasarkan kategori wanita, pria, anak, rumah dan dekorasi, gadget dan peralatan, kuliner, perawatan dan kecantikan, perayaan dan hadiah, serta pilihan editor.

Mau beli outfit lengkap mulai atasan, bawahan, sepatu, perhiasan, dan aksesori? Ada!
Mau beli perlengkapan dan dekorasi rumah? Ada!
Mau beli alat tulis kantor dan perlengkapan traveling? Ada!
Mau beli kosmetik dan perawatan tubuh? Ada!
Mau beli kado untuk orang tersayang? Ada!
Dan masih banyak lagi produk yang bisa kita temukan di qlapa.com

Akan tetapi, banyaknya pilihan barang yang bisa kita beli di qlapa.com bukan berarti qlapa.com asal comot penjual agar pasar digital ini ramai. Tidak semua penjual atau perajin bisa jualan di qlapa.com. Sebab, ada kurasi yang dilakukan oleh qlapa.com terhadap produk dari perajin. Artinya, semua produk yang dijual di qlapa.com merupakan produk pilihan yang sudah terkurasi.

Saking banyaknya produk handmade yang dijual di qlapa.com, wajar jika Qlapa disebut rumahnya produk handmade Indonesia. Sebuah rumah adalah tempat pulang. Maka, saat kita membutuhkan produk handmade, Qlapa adalah tempat pulang yang menjadi tujuan.

Saya punya keyakinan bahwa di balik setiap produk handmade, ada ketelatenan, perjuangan, dan kesabaran berlebih yang dimiliki oleh para perajinnya. Tentu saja, membuat produk handmade berbeda dengan produk pabrik yang menggunakan mesin dan biasanya diproduksi secara massal. Butuh lebih banyak kesabaran untuk “menyulap” bahan dasar menjadi produk kerajinan yang cantik. Dan, qlapa.com menjadi pasar digital bagi para perajin terbaik di Indonesia untuk menjual hasil karyanya. Maka, belanja di qlapa.com menjadi salah satu wujud #CintaProdukLokal Indonesia.

Share:

12 komentar

  1. Mbak Ayun bulan depan aku ultah lo. Sapa tau mo beliin kado aku di qlapa. Wkwkkwkwk *ngarep

    Nadya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliin doang mah gampang, tinggal aku sodorin bukti transfer buat diganti. Gimana? Hahaha... udah kusiapin kado terbaik; doa.

      Delete
  2. Iya sih, yang menarik daru qlapa itu ya keberaniannya untuk memasarkan produk handmade. Sulit loh memilih pengrajin handmade yang verkualitas. Nah si qlapa ini udah nYodorin produk2 handmade yg berkualitas... meskipun aku belom pernah pake sih. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, membantu banget bagi perajin lokal. Patut diapresiasi . Konsumen juga dimudahkan buat cari produk handmade, soalnya kalo lewat olshop yg tanpa marketplace kadang ada yg nipu.

      Delete
  3. Sama, awal tau Qlapa juga pas mau nuker poin Gojek tp blm sempet kepoin webnya. Baru bener-bener ngerti setelah baca tulisan ini. Ntar coba instal appnya buat lihat produk handmade.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah instal awas kalap lihat-lihat produk handmade. Hehee

      Delete
  4. Semoga dengan adanya marketplace seperti ini, geliat kerajinan indonesia semakin mendunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin
      Salut kalo ada marketplace yg khusus produk handmade kayak Qlapa ini.

      Delete
  5. Baru tau kalo ada marketplace namanya Qlapa. Hihii... Aku selalu suka sama gaya nulisnya Mbak Ayun yg story-telling dan informatif. Ajarin dung mbak, aku baru bikin blog tp lum diisi apa2. bingung... haaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya unik, ya. Mudah diingat.
      Btw, kalo mau mulai ngeblog sesuaikan aja dg bidang yg kamu suka. Suka masak, share resep masakan, suka make-up share tips2 make-up dan kecantikan, suka dia, share curhatan tentang dia. Eh, yg terakhir becanda ya, tapi boleh dipraktikkan. Ahahaha....

      Delete
  6. Aku pengin beliin mukena batik buat ibuku. Bisa nih cari-cari di qlapa. Thanks for sharing Mbak Ayun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Tika Mbak. Mo pake akun google tp gk bisa log in. Jadi anonim.

      Delete

meninggalkan komentar lebih baik daripada meninggalkan pacar. hehehe...